Foto bersama setelah Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

Foto bersama setelah Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari Ahad, 1 Oktober 2023 di UPT SD Negeri Sumberjo.

Guru UPT SD Negeri Sumberjo

Foto Bersama Guru-guru UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan Blitar.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo saat upacara bendera

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo, Bapak Rudi Hartono, S.Pd saat membacakan teks naskah Proklamasi dalam Upacara Bendera.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyerahkan hadiah pemenang lomba

Bapak Rudi Hartono, S.Pd saat Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyerahkan hadiah pemenang lomba pada acara Maulid Nabi Muhammad saw.

RUDI HARTONO, S.Pd

Bapak Rudi Hartono, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan Blitar.

Senin, 25 September 2023

Esktrakurikuler Olahraga dan Permainan Tradisional

Setiap hari Sabtu di UPT SD Negeri Sumberjo selali diselenggarakan kegiatan olah raga tradisional. Kegiatan olah raga tradisional ini diadakan untuk meningkatkan rasa cinta dan mengenalkan kepada generasi muda kepada budaya dan tradisi luhur bangsa.

Siswi UPT SD Negeri Sumberjo mengikuti seleksi kecamatan olah raga tradisional 

Kegiatan permainan atau olah raga tradisional yang diselenggarakan di UPT SD Negeri Sumberjo meliputi: permainan tarik tambang, obak sodor, balap terompah, balap karung, congklak, catur, dll

Kegiatan olah raga permainan tradisionalini di tingkat Kecamatan Sutojayan juga diselenggarakan perlombaan setiap bulan Agustus untuk meriahkan HUT kemerdekaan RI. Pada perlombaan olah raga tradisional tahun 2023 ini siswa UPT SD Negeri Sumberjo memenangkan juara I pada cabang lomba balap terompah. 

Di tingkat Kabupaten Blitar juga diselenggarakan lomba olah raga tradisonal, pada tahun 2023 ini kegiatan ini diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Blitar di Kanigoro. Siswa UPT SD Negeri Sumberjo yang pada waktu lomba olah raga tradisional di Kecamatan Sutojayan yang telah berhasil merebut juara I menjadi wakil Kecamatan Sutojayan untuk lomba di tingkat kabupaten.




Permainan Rangku Alu




Share:

PROGAM SEKOLAH SAK NGAJINE

Kegiatan Sekolah Sak Ngajine di UPT SD Negeri Sumberjo



Bupati Blitar mengeluarkan surat edaran (SE) program Sekolah Sak Ngajine bernomor B/420/1122/409.10.3/2022. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blitar menyebut program sudah ada sejak lama. Namun, diusulkan dan dituangkan dalam SE.
"Sudah ada (program sekolah sak ngajine). Sejak tahun 2010 - 2011 sudah dilaksanakan," ujar Kepala Disdik Kabupaten Blitar, Luhur Sejati saat ditemui detikJatim pada Selasa (16/8/2022).


Kegiatan Shokat Berjamaah'

Luhur mengatakan program sekolah sak ngajine sudah ada sejak lama. Pihaknya hanya meneruskan program yang sebelumnya sudah ada. Kemudian, dimantapkan dan disempurnakan dalam SE Bupati.

"Sekarang kita aktifkan lagi. Untuk lebih mantap lagi dengan adanya SE Bupati. Dari TK, SD, SMP untuk semua agama," jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kabid SMP Disdik Kabupaten Blitar, Kusnawati. Menurutnya, program sekolah beserta ngaji itu adalah program yang sudah dilakukan sejak lama diseluruh lembaga sekolah.

Baik pada jenjang TK, SD dan SMP. Dalam program itu tidak hanya fokus pada satu agama saja, tetap seluruh agama yang dianut oleh masing-masing siswa.

"Sekolah sak ngajine hanya istilah atau nama program. Di situ bukan ngaji dalam satu agama saja, tapi semua agama. Intinya sama memfasilitasi anak didik dengan agamanya masing-masing," terangnya.

Kusna menjelaskan tujuan utama dari program Sekolah Sak Ngajine adalah untuk meningkatkan akhlak dan moral siswa. Sehingga, dalam pelaksanaannya tidak hanya ngaji tapi siswa juga diajarkan dalam pembiasaan akhlak dan moral yang disampaikan sesuai agamanya.

"Enggak hanya ngaji Iqro', Al-Qur'an dan kitab suci lainnya. Tapi juga akhlak dan moral anak disampaikan di situ. Jadi anak didik diarahkan dalam hal-hal positif," pungkasnya.
Share:

Sejarah Komputer dan Bagaimana Perkembangannya

 

Sejarah Komputer dan Bagaimana Perkembangannya dari Generasi ke Generasi

Bila dilihat dari catatan sejarah komputer, alat elektronik ini sudah berkembang hingga lima generasi sejak pertama kali diciptakan. Perkembangan tersebut tidak lepas dari pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Tetapi tahukah Kamu bahwa dulunya komputer difungsikan sebagai alat hitung saja? Lantas bagaimana komputer bisa berkembang seperti sekarang ini? Temukan jawabannya di sini!


Apa itu Komputer?

Komputer merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk mengelola data berdasarkan perintah yang telah diprogramkan. Kata komputer sendiri berasal dari Bahasa Yunani computare yang berarti menghitung atau melakukan proses berhitung secara aritmetika.

Namun, sejalan dengan perkembangannya, komputer tidak hanya dipakai untuk berhitung saja tapi juga mengolah data lain dalam bentuk teks, suara, gambar, maupun video. Ia juga dapat menyimpan dan memanipulasi data sesuai keperluan pengguna.


Siapa Penemu Komputer?

Dalam buku berjudul Fundamental Hardware dan Jaringan Komputer karya Cecep Kurnia Sastradipraja, komputer pertama kali ditemukan oleh seorang matematikawan asal Inggris bernama Charles Babbage.

Itu sebabnya dalam sejarah komputer Babbage tercatat sebagai bapak komputer karena ia mampu menerapkan ide tentang pemrograman alat tersebut.


Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Komputer?

Berdasarkan sejarahnya, era komputer terbagi menjadi dua, yaitu era sebelum tahun 1940 dan era sesudah tahun 1940. Sebelum tahun 1940, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung atau kalkulator. Cikal bakal dari alat ini adalah abacus yang sudah ada sejak 5000 tahun lalu di Mesir.

Setelah tahun 1940, lahirlah komputer generasi pertama kemudian berlanjut hingga generasi kelima. Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut!

  • Komputer Generasi Pertama

    Era ini dimulai dari tahun 1942-1959. Perang Dunia II menjadi pemicu terciptanya komputer generasi pertama. Berawal dari Jerman yang membuat komputer Z3 untuk merancang peluru kendali dan pesawat terbang.

    Kemudian insinyur Harvard bernama Howard H. Aiken bekerjasama dengan IBM memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran setengah lapangan bola dengan panjang kabel mencapai 500 mil.

    Di lain pihak, pemerintah Amerika Serikat menciptakan Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC). Komputer ini terdiri dari 70.000 resistor, 18.000 tabung vakum, dan 5 juta titik solder. Lalu di tahun 1945 tim University of Pennsylvania merancang Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC).

    Sementara itu, di tahun 1951, Remington Rand menciptakan Universal Automatic Computer I (UNIVAC I). Ini menjadi komputer komersial pertama yang menerapkan model Neumann.

  • Komputer Generasi Kedua

    Beranjak ke tahun 1960-an, dimulailah perkembangan komputer generasi kedua. Alat tersebut menggunakan transistor sebagai pengganti tube vakum sehingga ukurannya lebih kecil dari komputer generasi pertama.

    Di era ini, komputer sudah menerapkan memori inti magnetik yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data lebih cepat. Contoh dari komputer generasi kedua adalah DEC, LARC, Stretch, PDP-8, IBM 1401, IBM 7090, dan IBM 7094. Jenis-jenis tersebut mulai banyak digunakan untuk kepentingan bisnis perusahaan.

  • Komputer Generasi Ketiga

    Sekitar tahun 1965 - 1971, komputer generasi ketiga mulai berkembang dengan software dan hardware yang lebih baik lagi.

    Berkat penemuan Integrated Circuit (IC), ukuran komputer pun semakin kecil dengan performa yang lebih baik lagi. IC sendiri ditemukan pada tahun 1958 oleh seorang insinyur asal Texas bernama Jack Kilby.

  • Komputer Generasi Keempat

    Komputer generasi ini muncul di tahun 1980-an tentunya dengan teknologi yang semakin maju dari segi penyimpanan, kecepatan, software, dan hardware. Di tahun tersebut juga komponen-komponen komputer makin banyak dijual.

    Generasi keempat mengusung komponen Very Large Scale IC (VLSI). Contoh produknya yaitu Intel Pentium I, Pentium II, Celeron, Core i3, i5, i7, Ivy Bridge, Athlon, dan AMD K6.

    Software pun sudah semakin banyak digunakan, seperti spreadsheet dan word. Di era ini juga komputer dalam bentuk video game muncul, salah satunya Atari 2600.

  • Komputer Generasi Kelima

    Merupakan komputer yang Kamu sering gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ukurannya pun semakin kecil dan praktis di bawa ke mana-mana. Dari segi software lebih beragam sehingga dapat menunjang kebutuhan penggunanya.

    Bentuk komputer generasi kelima sangatlah bervariasi, mulai dari jam tangan hingga smartphone. Mungkin di masa mendatang akan muncul komputer generasi keenam dengan teknologi yang lebih mutakhir lagi.

Sumber: https://indihome.co.id/blog/sejarah-komputer-dan-bagaimana-perkembangannya-dari-generasi-ke-generasi
Share:

Tujuan Memperingati Maulid Nabi Muhammad

Tujuan Memperingati Maulid Nabi Muhammad

Siswa siswi UPT SD Negeri Sumberjo memperingati Maulid Nabi Muhammad saw

 Maulid (hari kelahiran pada 571 M) Nabi Muhammad saw diperingati setiap bulan Rabiul Awwal yang umumnya diisi dengan zikir, shalawat, dan pembacaan buku rawi (buku sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw). Bahkan, oleh sebagian orang seperti masyarakat Jakarta, maulid Nabi Muhammad saw diperingati sampai dua-tiga bulan setelah Rabiul Awwal. Maulid Nabi Muhammad saw diperingati dengan berbagai motif. Sebagian orang memperingatinya sebagai bentuk cinta kepada Rasulullah saw. tetapi sebagian lainnya memperingati maulid nabi sebagai bentuk syukur kepada Allah atas kelahiran nabi agung, yaitu manusia sempurna yang layak diteladani.

 وأما مجرد فعل البر وما ذكر معه من غير نية أصلا فإنه لا يكاد يتصور ولو تصور ولم يكن عبادة ولا ثواب فيه إذ لا عمل إلا بنية ولا نية هنا إلا الشكر لله تعالى على ولادة هذا النبي صلى الله عليه وسلم في هذا الشهر الشريف 

Artinya, “Perbuatan baik dan ibadah lainnya tanpa niat sama sekali hampir-hampir sulit dibayangkan. Kalau pun ya, maka ia tidak bernilai ibadah. Tidak ada pahala di dalamnya karena tidak ada amal tanpa niat. Sedangkan niat di sini (peringatan maulid) tidak lain adalah ekspresi syukur kepada Allah swt atas kelahiran Nabi Muhammad saw pada bulan mulia ini,”(As-Suyuthi, Husnul Maqshid fi Amalil Mawlid, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: tanpa tahun], halaman 62). 

Maulid nabi layak diperingati oleh umat Islam baik sebagai bentuk cinta rasul atau sebagai rasa syukur kepada Allah. Peringatan maulid nabi sebaiknya diisi dengan ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah sebagaimana isyarat Rasulullah saw terhadap sahabatnya perihal puasa hari Senin.

 ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ 

Artinya, “Itu (puasa Senin) hari aku dilahirkan, aku diutus, atau hari wahyu diturunkan kepadaku,” (HR Muslim).   

Baca juga: Hikmah di Balik Maulid Hari Senin Rabiul Awwal Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani, seperti dikutip As-Suyuthi, mengatakan bahwa peringatan maulid sebagai bentuk syukur kepada Allah dapat ditarik dari hadits Nabi Muhammad saw riwayat Bukhari dan Muslim perihal puasa Asyura (10 Muharram) yang dilakukan umat Yahudi. 

Ketika tiba di Madinah, Rasulullah saw menemukan Yahudi Madinah mengamalkan puasa Asyura. Ketika ditanya, mereka menjawab, “Ini (10 Muharram) adalah hari Allah menenggelamkan Firaun dan menyelamatkan Musa. Kami berpuasa hari ini sebagai bentuk syukur kepada Allah.” “Kami lebih layak memuasakannya daripada kalian,” jawab Rasulullah saw. 

Al-Asqalani menyimpulkan bahwa syukur kepada Allah dilakukan karena nikmat yang Allah berikan atau karena mudharat yang Allah hindarkan. Sedangkan kelahiran Nabi Muhammad saw (maulid) merupakan nikmat terbesar di alam raya ini.

 والشكر لله تعالى يحصل بأنواع العبادات كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي صلى الله عليه وسلم الذي هو نبي الرحمة في ذلك اليوم 

Artinya, “Syukur kepada Allah swt terwujud dengan pelbagai jenis ibadah, misalnya sujud (shalat sunnah), puasa, sedekah, dan membaca Al-Qur’an. Adakah nikmat yang lebih besar pada hari ini dari kelahiran Nabi Muhammad saw, nabi kasih sayang,” (As-Suyuthi: 63).   

 

Masyarakat Indonesia memperingati maulid nabi dengan cara yang khas. Sebagai bentuk syukur kepada Allah, mereka memperingati maulid nabi dengan mengimpun kebaikan yang dapat mereka lakukan seperti zikir, shalawat, sedekah makanan, baca Al-Qur’an, pembacaan riwayat Nabi Muhammad saw, dan biasanya ceramah agama. Wallahu a’lam.   

Alhafiz Kurniawan, Redaktur Keislaman NU Online


Sumber: https://islam.nu.or.id/shalawat-wirid/tujuan-memperingati-maulid-nabi-muhammad-NOdzo

___
Download NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap! https://nu.or.id/superapp (Android/iOS)
Share:

Bahaya dan efek pajanan rokok pada anak dan remaja

 

Bahaya dan efek pajanan rokok pada anak dan remaja.

Bahaya dan efek pajanan rokok pada anak dan remaja.
Oleh : P2PTM Kemenkes RI

Bahaya dan Efek Pajanan Rokok Pada Anak dan Remaja

  • Mengganggu prestasi belajar, gangguan kecerdasan dan kemampuan belajar.
  • Perkembangan paru-paru terganggu
  • Mudah terinfeksi penyakit seperti meningitis, infeksi telinga tengah, pneumonia, bronchitis, Asma, Limfoma, Leukemia.
  • Sulit sembuh bila sakit karena sistem kekebalan tubuh menurun.

Bahaya dan efek pajanan rokok pada anak dan remaja.

  • Menimbulkan gangguan kulit dan plak gigi
  • Anak tampak lebih tua dari usia sebenarnya
  • Anak peniru ulung, orangtua perokok akan ditiru oleh anak
  • Kecanduan hingga perilaku negatif, perilaku agresif dan suka menantang
Sumber: https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-paru-kronik/page/2/bahaya-dan-efek-pajanan-rokok-pada-anak-dan-remaja#:~:text=Mengganggu%20prestasi%20belajar%2C%20gangguan%20kecerdasan%20dan%20kemampuan%20belajar.&text=Mudah%20terinfeksi%20penyakit%20seperti%20meningitis,karena%20sistem%20kekebalan%20tubuh%20menurun.
Share:

Tiga Keutamaan Meyarakan Maulid Nabi Muhammad saw

Nabi Muhammad SAW adalah rahmat terbesar Allah SWT bagi umat Islam. Kedatangan Rasulullah membawa ajaran Islam yang sempurna, yang dapat membimbing kita ke jalan keselamatan. Oleh karena itu, merayakan Maulid Nabi SAW merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa bahagia kita atas rahmat terbesar Allah SWT ini.   

Lebih dari itu,  merayakan Maulid Nabi SAW merupakan salah satu wujud rasa syukur seorang umat atas kelahiran beliau. Ungkapan rasa syukur tersebut dapat diungkapkan rasa syukur kita dengan berbagai cara, seperti mengadakan majelis taklim, membaca Maulid Diba'i, bersedekah, memperbanyak shalawat dan lain sebagainya. 
Keluarga Besar UPT SD Negeri Sumberjo merayakan Maulid Nabi Muhammad saw


Untuk itu, menurut ulama, ada beberapa keutamaan merayakan Maulid Nabi. Pertama, orang yang merayakan maulid kelak akan dikumpulkan dengan para syuhada dan orang yang shalih di akhirat. Penjelasan ini dikatakan oleh Imam Yafi’i, sebagaimana dinukil dalam kitab I‘anatut Thalibin, juz III halaman 365, bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala yang besar, bahkan bisa sampai ke surga.

   وقال الامام اليافعي اليمنى: من جمع لمولد النبي (ص) إخوانا وهيأ طعاما وأخلى مكانا وعمل إحسانا وصار سببا لقراءة مولد الرسول بعثه الله يوم القيامة مع الصديقين والشهداء والصالحين ويكون في جنات النعيم. 

  

Artinya; Imam Yafi'i berkata, “Orang yang mengumpulkan saudara-saudara untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, menyediakan makanan, menyediakan tempat, melakukan kebaikan, dan menjadi sebab dibacanya Maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat bersama orang-orang yang shalih dan berada di surga.”   

Penjelasan Imam Yafi'i –ulama besar yang hidup pada masanya-, menerangkan bahwa membaca Maulid Nabi Muhammad SAW adalah suatu amalan yang mulia. Siapa pun orang yang mengumpulkan manusia untuk membaca Maulid Nabi, disertai menyediakan makanan, menyediakan tempat, melakukan kebaikan, dan menjadi sebab dibacanya Maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat bersama orang-orang yang shalih dan berada di surga.   

Kedua, orang yang merayakan maulid Nabi akan kelak akan dianugerahkan surga dari Allah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Sirri al-Saqati bahwa orang yang menuju ke tempat untuk membaca Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan niat ikhlas dan kecintaan semata pada Nabi Muhammad, maka ia telah menuju ke taman surga. Baca Juga Ragam Catatan Sejarah Perihal Orang Pertama yang Memperingati Maulid

   وقال السري السقطي من قصد موضعا يقرأ فيه مولد النبي صلى الله عليه وسلم فقد قصد روضة من رياض الجنة لأنه ما قصد ذلك الموضع إلا لمحبة الرسول وقد قال عليه السلام من أحبني كان معي في الجنة 

Artinya; Sirri al-Saqati berkata, “Orang yang menuju ke tempat untuk membaca Maulid Nabi Muhammad SAW, maka ia telah menuju ke taman surga. Karena ia tidak menuju ke tempat itu kecuali karena cinta kepada Nabi. Dan Nabi SAW bersabda, “Barang siapa mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga.”  

Ketiga, mendapatkan ampunan dari siksa kubur dan meninggal dalam keadaan iman. Ulama sepakat bahwa Abu Lahab diringankan siksanya setiap hari Senin karena ia pernah bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Hal ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitabnya Shahih al-Bukhari.    Bersumber dari riwayat Urwah bin Zubair, bahwa ketika Abu Lahab meninggal, ia didatangi oleh salah seorang keluarganya dalam mimpi dan ditanyai tentang keadaannya. Abu Lahab menjawab, “Aku diringankan siksaku setiap hari Senin karena aku pernah membebaskan budak wanita bernama Tsuwaibah yang telah menyusui Nabi Muhammad SAW.   

Hal ini menunjukkan bahwa kemuliaan Nabi Muhammad SAW sangatlah besar, sehingga bahkan orang yang tidak beriman kepadanya pun dapat merasakannya. Maka, bagaimanakah dengan seorang muslim yang sepanjang hidupnya bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW dan wafat dalam keadaan Islam? Tentulah ia akan mendapatkan kemuliaan yang jauh lebih besar.

   ورحم الله القائل، وهو حافظ الشام شمس الدين محمد بن ناصر، حيث قال: إذا كان هذا كافرا جاء ذمه وتبت يداه في الجحيم مخلدا أتى أنه في يوم الإثنين دائما يخفف عنه للسرور بأحمد فما الظن بالعبد الذي كان عمره بأحمد مسرورا ومات موحدا. 

Artinya; Hafidz Syam Syekh Muhammad bin Nasr, beliau berkata: "Jika orang seperti Abu Lahab saja, yang jelas-jelas tercela dan kekal di neraka, setiap hari Senin diringankan siksanya karena ia bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW, maka bagaimanakah dengan hamba yang sepanjang hidupnya bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW dan wafat dalam keadaan Islam?”   

Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa kemuliaan Nabi Muhammad SAW sangatlah besar, bahkan orang yang tidak beriman kepadanya pun dapat merasakannya. Maka, seorang muslim yang sepanjang hidupnya bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW dan wafat dalam keadaan Islam, tentulah akan mendapatkan kemuliaan yang jauh lebih besar.   Zainuddin Lubis, pegiat kajian Tafsir, tinggal di CIputat


Sumber: https://islam.nu.or.id/tasawuf-akhlak/3-keutamaan-merayakan-maulid-nabi-2hI4x


Share:

Selasa, 19 September 2023

Paguyuban Orang Tua/Wali Murid

Orang tua / wali murid UPT SD Negeri Sumberjo memiliki perkumpulan yang tergabung dalam Paguyuban Kelas. Paguyuban kelas Orang Tua/Wali Murid UPT SD Negeri Sumberjo memiliki pengurus yangt terdiri atas Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.



Paguyuban Orang Tua/Wali Murid dalam kegiatan Panen Karya


Keberadaan paguyuban kelas ini sangat penting karena sebagai perwakilan kelas yang menjembatani penyampaian aspirasi dan kerja sama dengan sekolah dalam melaksanakan kegiatan pendidikan di UPT SD Neger Sumberjo


Paguyuban Orang Tua/Wali Murid dalam kegiatan sebagai nara sumber kegiatan pelatihan siswa

Share:

Orang Tua/Wali Murid

 

Peserta didik UPT SD Negeri Sumberjo sebagian besar berasal dari Desa Sumberjo dengan kondisi anak rata- rata sehat baik dari segi jasmani maupun rokhani.

 

 

Latar belakang keagamaan yang mayoritas bahkan hingga 100% adalah peserta didik beragama Islam. Secara sosial budaya, peserta didik memiliki latar belakang orang tua yang berbeda budaya dan profesi. Sebagian besar masyarakat sekitar sekolah berprofesi sebagai petani, pedagang, tukang kayu, tukang batu, mebelair, pengrajin, pegawai yang disebabkan dari sebagian orang tua merupakan karyawan yang ditugaskan di luar daerah. Selain itu, minat bakat peserta didik juga sangat beragam. Berdasarkan perbedaan latar belakang tersebut maka memperkuat alasan Profil Pelajar Pancasila mampu diimplemetasikan secara utuh di UPT SD Negeri Sumberjo dengan motto ”Keunikan dalam Keberagaman”. Maka dalam penyusunan Kurikulum Operasional, karakteristik peserta didik dengan segala latar belakangnya menjadi satu pertimbangan utama agar menjadi pendidikan yang berkeadilan dan kebhinekaan global. Dengan berbagai keunikannya. Baik berupa kemampuan, pengalaman belajar minat, bakat dan tujuan belajar yang beragam. Sebagian siswa memiliki minat di bidang seni, olahraga, matematika dan sains. Dengan karakteristik anak yang senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, serta senang merasakan/melakukan sesuatu secara langsung. UPT SD Negeri Sumberjo memfasilitasi kebutuhan mereka dengan menyiapkan program pengembangan potensi dan minat mereka.

 

Kegiatan Rapat dengan Orang Tua/Wali Murid


Data Pekerjaan Orang Tua/Wali Murid

UPT SD Negeri Sumberjo Tahun 2023/2024

JENIS PEKERJAAN

AYAH

IBU

JUMLAH

%

JUMLAH

%

Pegawai Negeri Sipil

1

3.57%

2

5.56%

TNI / Polri

0

0.00%

0

0.00%

Pegawai Swasta

6

21.43%

5

13.89%

Pedagang

1

3.57%

1

2.78%

Petani

12

42.86%

5

13.89%

Buruh

7

25.00%

1

2.78%

Rumah Tangga

 

0.00%

21

58.33%

Pekerjaan Lainnya

1

3.57%

1

2.78%

Tidak Bekerja

0

0.00%

 

0.00%

JUMLAH

28

 

36

 

 

Share:

Fanspage FB

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages