Selasa, 13 Agustus 2024

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024

WWW.SDNSUMBERJO.SCH.ID ~ Rabu, 14 Agustus 20224 di halaman UPT SD Negeri Sumberjo dilaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024. Upacara dilaksakan dengan khdimat, bertindak sebagai pembina upacara adalah Kak Dwi Styowati, S.Pd.SD. 

Dalam amanatnya Kak Dwi menyampaikan tentang kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Gudep UPT SD Negeri Sumberjo yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, seputar dasa darma, pendiri pramuka dan tata aturan seragam Pramuka yang benar.



Kak Dwi juga mengajak adik-adik pramuka untuk menyanyikan hymne Pramuka dan lagu Garuda di Dadaku yang diubah liriknya menjadi "Pramuka di Dadaku".



Himne Pramuka

Kami pramuka indonesia
Manusia pancasila
Satyaku kudharmakan
Dharmaku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia tanah airku
Kami jadi pandu mu

Makna Hymne Pramuka


Berikut ini ulasan selengkapnya makna setiap lirik hymne Pramuka sebagaimana yang dikutip dari Situs resmi Pusat Informasi Pers Kwarcab Agam.

"Kami Pramuka Indonesia"

Lirik ini menjelaskan sekaligus sebagai penegas bahwa Kami adalah Pramuka (Praja Muda Karana) yang berarti seorang pemuda yang memiliki semangat berkarya.

"Manusia Pancasila"

Lirik tersebut menjelaskan bahwa anggota pramuka berpegang pada Pancasila, bukan yang lain. Pancasila sendiri merupakan ideologi dasar negara Indonesia yang terdiri dari 2 kata yaitu "panca" yang artinya lima dan "sila" berarti dasar atau asas.

"Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan"

Bermakna setiap janji dan komitmen diri yang telah diucapkan dan/atau dihayati menjadi ketetapan yang harus ditepati dan dilaksanakan dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Janji yang diucapkan secara sukarela sebagai pengikat diri pribadi demi kehormatannya untuk diamalkan dan Darma Pramuka merupakan kode etik bagi organisasi dan anggota Gerakan Pramuka.

Bila diartikan perkata, "satya" berarti janji, sedangkan "dharma" artinya kewajiban, aturan dan kebenaran. Kata "darma" sendiri memiliki makna yang lebih luas tergantung konteks penggunaannya.

Namun kata Darma pada konteks di atas merujuk pada Dasa Darma Pramuka. "Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan" adalah isi dari lirik hymne Gerakan Pramuka Satya Darma Pramuka, dan kalimat ini juga merupakan moto Gerakan Pramuka yang bersifat tetap dan tunggal sebagai bagian terpadu dalam proses pendidikan.

"Agar Jaya Indonesia"

Lirik ini menggambarkan tujuan dari Gerakan Pramuka secara global, yaitu membuat negara Indonesia yang jaya. Yang artinya makmur seluruh rakyatnya.

"Indonesia Tanah Airku"

Bermakna sebagai penegas bahwa Indonesia, dan hanya Indonesia-lah tanah air kita

"Kami jadi pandumu"

Arti "pandu" sendiri dalam kamus KBBI adalah penunjuk jalan, perintis. Jadi dalam lirik terakhir hymne Gerakan Pramuka Satya Darma Pramuka tersebut. Makna "Kami Jadi Pandumu" adalah Kami para Pramuka yang akan menjadi perintis kejayaan negara Indonesia.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Fanspage FB

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages