Foto bersama setelah Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

Foto bersama setelah Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada hari Ahad, 1 Oktober 2023 di UPT SD Negeri Sumberjo.

Guru UPT SD Negeri Sumberjo

Foto Bersama Guru-guru UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan Blitar.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo saat upacara bendera

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo, Bapak Rudi Hartono, S.Pd saat membacakan teks naskah Proklamasi dalam Upacara Bendera.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyerahkan hadiah pemenang lomba

Bapak Rudi Hartono, S.Pd saat Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyerahkan hadiah pemenang lomba pada acara Maulid Nabi Muhammad saw.

RUDI HARTONO, S.Pd

Bapak Rudi Hartono, S.Pd Kepala UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan Blitar.

Minggu, 29 September 2024

9 Manfaat Bunga Sepatu bagi Kesehatan dan Risiko Efek Sampingnya

Manfaat bunga sepatu digunakan secara luas dalam industri makanan dan minuman untuk membuat teh dan minuman lainnya, serta sebagai bahan dalam produk suplemen herbal.


Bunga sepatu yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa adalah tanaman semak yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bunga sepatu memiliki bunga besar dengan warna yang indah, yang berkisar dari merah, oranye, kuning, hingga ungu. Daun bunga sepatu berwarna hijau gelap dan berbentuk bulat telur. Bunga sepatu menjadi salah satu jenis bunga yang dapat dikonsumsi.

Manfaat bunga sepatu digunakan secara luas dalam industri makanan dan minuman untuk membuat teh dan minuman lainnya, serta sebagai bahan dalam produk suplemen herbal. Dalam budaya beberapa negara, manfaat bunga sepatu juga digunakan sebagai bahan pewarna makanan dan dapat diolah menjadi bubur, jus, atau kaldu.

Bunga sepatu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti membantu menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, dan mengurangi stres. Bunga sepatu juga kaya akan antioksidan, flavonoid, dan asam askorbat yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat bunga sepatu:


1. Antiinflamasi

Manfaat bunga sepatu yang pertama adalah sebagai antiinflamasi. Bunga sepatu mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ekstrak bunga sepatu dapat membantu meredakan gejala peradangan seperti sakit kepala, sakit gigi, dan artritis. Senyawa ini dapat membantu mengurangi produksi zat pro-inflamasi dalam tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Bunga sepatu mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan dan nutrisi dalam bunga sepatu dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap lembut, halus, dan terlihat muda.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat bunga sepatu juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Bunga sepatu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, dan ruam. Ekstrak bunga sepatu dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan membantu memperbaiki tekstur kulit.

4. Menekan risiko Kanker

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa bunga sepatu memiliki sifat anti-kanker. Ekstrak bunga sepatu dapat membantu memperlambat perkembangan sel kanker dan membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker baru.

5. Meningkatkan Imun

Bunga sepatu mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu mencegah infeksi.

Kandungan antioksidan dan zat anti-inflamasi dalam bunga sepatu memiliki sifat yang memperkuat sistem imun dan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Ini membantu mencegah berbagai masalah kesehatan dan memperpanjang umur sel.

6. Menenangkan Sistem Saraf

Manfaat bunga sepatu dapat membantu menenangkan sistem saraf dikarenakan kandungan senyawa seperti flavonoid, tanin, dan alkaloid yang memiliki sifat sedatif. Ini membantu meredakan stres dan kecemasan dengan mengurangi aktivitas neurotransmitter seperti noradrenalin dan dopamine.

7. Mencegah Infeksi

Ekstrak bunga sepatu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi bakteri dan jamur. Ini karena kandungan seperti triterpenoid, flavonoid, dan asam organik yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

8. Meredakan Nyeri

Bunga sepatu juga memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan nyeri dan mengatasi rasa sakit akibat radang atau cedera. Kandungan seperti tanin dan flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bunga sepatu dapat membantu menenangkan sistem saraf dan memperbaiki kualitas tidur dengan mengurangi aktivitas neurotransmitter seperti noradrenalin dan dopamine

Efek Samping

Bunga sepatu umumnya aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dalam jumlah yang wajar. Namun, seperti dengan banyak jenis tanaman obat, ada beberapa efek samping dan interaksi obat yang mungkin terjadi. Efek  dari konsumsi bunga sepatu mungkin berbeda-beda pada setiap orang.

Bunga sepatu dapat memiliki interaksi dengan beberapa obat dan dapat memperburuk kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah rendah dan masalah ginjal. Ibu hamil dan menyusui juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi bunga sepatu karena belum ada penelitian yang memadai tentang efeknya pada janin atau bayi yang sedang diberi ASI. 

Sebelum mengonsumsi bunga sepatu sebagai suplemen, selalu konsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanan dan efektivitas pengobatan. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin terjadi akibat konsumsi bunga sepatu.

1. Reaksi Alergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi bunga sepatu, seperti gatal-gatal, bintik merah, dan sesak napas.

2.  Interaksi obat

Bunga sepatu dapat memiliki interaksi dengan beberapa jenis obat, seperti antikoagulan dan obat hipoglikemik, dan dapat memperburuk efektivitas obat tersebut.

3. Masalah Kesehatan

Bunga sepatu dapat memperburuk kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah rendah dan masalah ginjal.

4. Efek Samping

Efek samping dari konsumsi bunga sepatu dapat meliputi sakit kepala, mual, dan pusing.

5. Keracunan: 

Konsumsi bunga sepatu dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan efek toksik dan membahayakan kesehatan.

Sumber: https://www.liputan6.com/hot/read/5201386/9-manfaat-bunga-sepatu-bagi-kesehatan-waspadai-risiko-efek-sampingnya?page=4

Share:

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1446H / 2024M

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1446H / 2024M

Kyai Masduki menyampaikan taushiyahnya dihadapan guru, siswa dan orang tua/wali murid


WWW.SDNDUMBERJO.SCH.ID ~ Sabtu, 28 September 2024 bertempat di halaman UPT SD Negeri Sumberjo diselenggarakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. Dalam kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1446H / 2024M ini dikuti oleh seluruh guru, siswa dan orang tua/wali murid UPT SD Negeri Sumberjo.

Kepala UPT SD Negeri Sumberjo menyampaikan sambutan

Hadir sebagai penceramah dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1446H / 2024M ini Kyai Masduki, Kyai Masduki ini beliau pernah menjabat sebagai Kepala UPT SD Negeri Sumberjo yang merupakan pejabat kepala sekolah yang rangkapan dengan UPT SD Negeri Pandanarum 03.

GPAI UPT SD Negeri Sumberjo

Dalam tausiah yang disampaikan oleh Kyai Masduki pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1446H / 2024M ini beliau menekankan akan keteladanan yang harus kita ikuti dari Kanjeng Nabi Muhammad sawa bagi kita kaum muslimin. Nabi Muhammad adalah sosok panutan kaum muslimin yang sangat sempurna akhlaknya. Kesempurnaan dan suri tauladan yang harus kita teladani dalam kehidupan kita sehari-hari.

Menyimak taushiyah Maulid Nabi

Selesai taushiyah acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw 1446H / 2024M dilanjutkan dengan do'a oleh Kyai Masduki dan dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama.



Kyai Masduki menyampaikan tausiyahnya


Share:

Senin, 23 September 2024

World Clean Up Day 2024 UPT SD Negeri Sumberjo Sutojayan

WWW.SDNSUMBERJO.SCH.ID ~ Berdasarkan SE BUPATI BLITAR tentang KEGIATAN WORLD CLEANUP DAY 2024 yang mengusung tema “Kami 13 juta Relawan Bebersih utuk Memberi Ruang Kehidupan” yang dilaksanakan sepanjang bulan September. Pelaksanaan aksi bersih-bersih WCD 2024 Kabupaten Blitar yaitu : 
  1. Jum’at, 20 September 2024 serentak di lingkungan RUMAH, PERKANTORAN, FASUM, LOKASI USAHA, LOKASI SEKITAR HUTAN, dsb; 
  2. Minggu, 22 September 2024, serentak di lingkungan LEMBAGA PENDIDIKAN (TK s/d Perguruan Tinggi) termasuk PONDOK PESANTREN
Maka UPT SD Negeri Sumberjo menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan WCD tersebut pada hari Ahad, 22 September 2024 dengan melakukan  kegiatan bersih-bersih bersama. Seluruh lingkungan sekolah baik gedung dan halaman serta lingkungan sekitar sekolah dibersihkan  bersama bapak/ibu guru dan seluruh siswa-siswi UPT SD Negeri Sumberjo.


 






Share:

Jumat, 13 September 2024

Siswa-siswi UPT SD Negeri Sumberjo Meraih Juara I Bola Voli Putri Kadin Cup 2024

Siswa-siswi UPT SD Negeri Sumberjo Meraih Juara I Bola Voli Putri Kadin Cup 2024

Tim Voli Putri sedang bertanding

WWW.SDNSUMBERJO.SCH.ID ~ 3 Siswi UPT SD Negeri Sumberjo yaitu April, Aura dan Rara yang tergabung dalam Tim Bola Voli Putri Kecamatan Sutojayan berhasil meraih juara I dalam kejuaraan voli Piala Kadin Pendidikan Kab. Blitar atau Kadin Cup 2024 yang diadakan di Lapangan Pantai Serang Panggungrejo setelah mengalahkan Tim Bola Voli Putri Kecamatan Ponggok. 

Foto bersama Bapak Kadin dan Pelatih

Piala bergilir dan medali langsung disampaikan oleh Bapak Kadin Pendidikan Kab. Blitar serta uang pembinaan. Selain itu Bapak Kadin Drh. Adi Andaka juga memberikan penghargaan berupa golden ticket dengan bebas memilih sekolah dimanapun di Kabupaten Blitar. 

Foto bersama

Turnamen voli Kadin Cup 2024 ini berlangsung mulai tanggal 11-12 September 2024 di Lapangan Pantai Serang Kabupaten Blitar. Dalam turnamen voli ini Kecamatan Sutojayan mengirimkan 2 tim, yaitu tim putra dan tim putri. Sementara UPT SD Negeri Sumberjo diwakilik oleh 3 siswa dalam tim putra dan 3 siswi dalam tim putri. 

Penyerahan piala bergilir

Untuk tim putra sementara harus puas sampai di grup 8 besar, semoga tahun depan tim putra juga bisa mendapatkan juara 1, aamiin


Website Resmi UPT SD Negeri Sumberjo: https://www.sdnsumberjo.sch.id/

Fanspage SD Negeri Sumberjo: https://www.facebook.com/sdnsumberjoblitar

Facebook: https://www.facebook.com/profile.php?id=100093539411518

Youtube: http://www.youtube.com/@SDNegeriSumberjoBlitar

Instagram: https://www.instagram.com/sdnsumberjoblitar/

Tiktok: https://www.tiktok.com/@sdnegerisumberjo


Share:

Penyerahan Piala dan Piagam Penghargaan Lomba Agustusan Kecamatan Sutojayan 2024

Penyerahan Piala dan Piagam Penghargaan Lomba Agustusan Kecamatan Sutojayan 2024


WWW.SDNSUMBERJO.SCH.ID ~ Bertempat di Kantor Kecamatan Sutojayan pada hari Selasa, 10 September 2024 seluruh pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-700 dan HUT RI ke-79 dilaksanakan Penyerahan Piala dan Piagam penghargaan lomba -lomba dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Blitar ke-700 dan HUT RI ke-79 oleh Bapak Camat Sutojayan.



Alhamdulillah UPT SD Negeri Sumberjo memperoleh juara 1 Bola Voli Putri dan juara 2 Bola Voli Putra, sedangkan untuk lomba lain masih belum beruntung. Semoga tahun depan lebih banyak piala dan penghargaan yang bisa kami peroleh. Mohon dukungan semua pihak terutama seluruh warga UPT SD Negeri Sumbero dan seluruh masyarakat Desa Sumberjo.
Share:

Minggu, 08 September 2024

Penyerahan Piala dan Piagam Penghargaan Kejuaran Lomba Pendidikan 2024

WWW.SDNSUMBERJO.SCH.ID ~ Bertempat di Aula Korwil Pendidikan Kecamatan Sutojayan dilaksanakan kegiatan penyerahan piala dan piagam kepada pemenang lomba dalam rangka memperingati Hari Jadi Kab. Blitar ke-700 dan HUT RI ke-79.

Tasya Maulita meraih Juara Harapan II Lomba Menggambar Gambar Cerita

Aneka lomba yang diperlombakan ada 14 mata lomba untuk bidang pendidikan ini yaitu: 1. MENYANYI SOLO PUTRA 2. MENYANYI SOLO PUTRI 3. GAMBAR BERCERITA 4. ADZAN
5. TAHFIDZ ASMA'UL HUSNA 6. TAHFIDZ JUZ 30 7. PILDACIL PUTRA 8. PILDACIL PUTRI 8. SENI BACA AL QUR'AN PUTRA 10. SENI BACA AL QUR'AN PUTRI 11. ATLETIK USIA 10 TAHUN PA 12. ATLETIK USIA 10 TAHUN PI 13. ATLETIK USIA 11 TAHUN PA 14. ATLETIK USIA 11 TAHUN PI

Wakil UPT SD Negeri Sumberjo berhasil memperoleh juara atas nama Tasya Maulita siswi kelas III UPT SD Negeri Sumberjo yang telah meraih Juara Harapan II Lomba Menggambar Gambar Cerita Kecamatan Sutojayan 2024


Tasya Maulita siswi kelas III UPT SD Negeri Sumberjo yang telah meraih Juara Harapan II Lomba Menggambar Gambar Cerita


Share:

Selasa, 03 September 2024

Lomba Menggambar Cerita 2024

Lomba Menggambar Cerita 2024

WWW.SDNSUMBERJO.SCH.ID ~ Alhamdulillah, Selamat Untuk Tasya Maulita siswi kelas III UPT SD Negeri Sumberjo yang telah meraih Juara Harapan II Lomba Menggambar Gambar Cerita Kecamatan Sutojayan 2024. Kegiatan Lomba Menggambar Gambar Cerita Kecamatan Sutojayan 2024 ini dilaksanakan di Kantor Korwil Pendidikan Kecamatan Sutojayan. Kegaiatan lomba ini diikuti oleh seluruh sekolah dasar di Kecamatan Sutojayan.


Tasya Maulita siswi kelas III UPT SD Negeri Sumberjo yang telah meraih Juara Harapan II Lomba Menggambar Gambar Cerita Kecamatan Sutojayan 2024




Share:

Pages